logo lespi   Sekretariat :
  Jl.Murbei I Timur No.3, Semarang
  Telp. / Fax  ( 024 ) 7465779
  Email: sekretariat@lespifoundation.org
   
Google   

supported by  
logo lespi  


Login
Nickname:
Password:

Belum jadi anggota?
Silahkan daftar, GRATIS!
Registrasi?

Lupa Password?
Interaktif
Pustaka LeSPI
Program
Yuk Peduli Media

Literasi Media

Sekolah Media
SemarangAN
SemarangAn
RSS
RSS 2.0

 
Tentang LeSPI

Lembaga Studi Pers dan Informasi (LeSPI) disepakati lahir pada 2 Januari 1999 oleh para pendirinya yang terdiri dari wartawan peserta program sindikasi LP3Y-ISAI-LPDS bernama “Crash Program Investigative Reporting” (September 1998-Februari 1999) --yakni Adi Prinantyo (Suara Merdeka), Joko J Prihatmoko (Tabloid Patria), David Kisdi (Radio Radiks), Diah Irawati (Suara Merdeka), Irene Irawati (Harian Jayakarta), Yudi Wijanarko (Tabloid Patria), Resi Fajar Himawanti (Harian Suara Pembaruan) dan Edy Barlianto (Bisnis Indonesia)--, bersama dengan Anto Prabowo (Suara Merdeka, juga fasilitator di CPIR), Wisnu Tri Hanggoro (mantan dosen UKSW Salatiga), serta Darmanto Jatman (dosen Undip). Ke 11 orang inilah yang menandatangani pendirian lembaga di Notaris Mohamad Hafidh, SH,  hingga LeSPI mendapatkan akta notaris pendirian No 6/ 27 Februari 1999.

Awalnya, niat para pendirinya hanyalah ingin  berbagai pengalaman berjurnalistik sebagaimana yang didapat di Crash Program Investigative Reporting, kepada rekan wartawan muda, para mahasiswa, dan berbagai kelompok masyarakat lain. Maklumlah, investigative reporting adalah hal yang langka dilakukan oleh pers Indonesia di rezim otoritarian di bawah Soeharto.

Namun dinamika yang terjadi di internal dan eksternal lembaga mendorong LeSPI juga turut serta dalam berbagai gerakan perubahan yang mengemuka  pada saat itu, yakni gerakan-gerakan demokratisasi, good governance, HAM, kesetaraan perempuan, perlindungan hak-hak anak dan perbaikan lingkungan. Setidaknya, isu-isu partikular tersebut yang diangkat pada berbagai workshop jurnalistik isu khusus untuk para wartawan, maupun dalam berbagai diskusi yang diselenggarakan.

Berbagai Pengalaman

            Singkat cerita, dalam 10 tahun perjalanan lembaga ini, beberapa hal telah dilakukan. Kegiatan tersebut dikategorikan dalam:

1)      Penelitian, antara lain:  Isu Kebijakan Publik di Media Cetak Jawa Tengah, Monitoring Aspek Independensi dan Etika Media (2009, Yayasan TIFA), Agen Perubahan di Mata Kaum Marginal (2008, Unicef), Posisi Anak & Perempuan di Media Cetak (2007, Unicef),  Perilaku Wartawan di Semarang (2003/4, Ford Foundation, bersama LP3Y), Kebutuhan Kaum Difabel dalam Pemilu (2004, Koalisi Media), Potensi radio berjurnalistik (1999, Unesco/ISAI),

2)      Workshop Jurnalistik Topik Khusus (pemanfaat/ peserta: wartawan dan redaksi media cetak dan radio), antara lain: Peliputan Isu Lingkungan, Budaya Lokal, dan Ekonomi (1999-2001, USAID)

3)      Workshop Jurnalistik Dasar untuk Radio (1999-2001, USAID)

4)      Pelatihan Jurnalistik Jarak Jauh, memanfaatkan sarana pos dan internet  (1999-2003, USAID dan partisipasi peserta)

5)      Berbagai Pelatihan Jurnalistik, untuk kalangan media, perguruan tinggi, pesantren, gereja, dan lainnya   (1999- sekarang).

6)      Festival Kebebasan Berekspresi (2005), didukung OSF  melalui Jaringan Sentra Media (ISAI – Jakarta, KIPPAS – Medan, Radio Maragita – bandung, eLSIM Makasar, LSPS – Surabaya dan LeSPI – Semarang)

7)      Festival Jurnalisme (2002), didukung USAID melalui Jaringan Sentra Media (ISAI – Jakarta, KIPPAS – Medan, Radio Maragita – bandung, eLSIM Makasar, LSPS – Surabaya dan LeSPI – Semarang).

8)      Produksi Program TV: acara TV ramah anak (Pendidikan Media)  kerja sama dengan TV-KU Semarang dan TA-TV Solo (2008, Unicef, sampai saat ini masih berlangsung).

9)      Diskusi-diskusi dan bedah buku, dengan pembicara yang kompeten, untuk topik-topik demokrasi, media, humaniora, perempuan, politik, korupsi, dan sebagainya.

Dalam menjalankan aktivitasnya, umumnya LeSPI selalu menyertakan volunteer (relawan), baik dari kalangan wartawan, mahasiswa, maupun sesama aktivis LSM.

Kepengurusan

Kepengurusan LeSPI saat ini dibagi dalam lapisan  kategori: Pengurus Yayasan LeSPI, Board of Expert, dan Pengurus Harian.

Di Yayasan, Edy Barlianto sebagai Ketua Yayasan LeSPI, Wisnu Tri Hanggoro sekretaris, Irene Irawati bendahara, serta para anggota: Diah Irawati, Anto Prabowo, Yudi Wijanarko, Resi F Himawanti,  Joko J Prihatmoko, David Kisdi, Adi Prinantyo.

Pada Board of Expert, Lilik B Wiratmo sebagai koordinator, dengan para anggotannya adalah Herudjati Purwoko, IM Hendrarti, Triyono Lukmantoro, dan Hedi Pudjo Santoso.

Di Pengurus Harian, Maksim D Prabowo sebagai Direktur, Riri Novita menjadi  Manajer Program, Febry J Triyanto mengatur keuangan, serta Mohamad Haris Halimi mengelola bagian umum.


Alamat Kontak:

LeSPI
Jl. Murbei 1 Timur No. 3 Semarang
Telp./Fax (024) 7465779
Email: Sektetariat@lespifoundation.org
 
Kontak Personal:
·     Maksim D. Prabowo,
     Hp 081325721809, email: maksimdprabowo@yahoo.com    
·     Riri Novita
     Hp 081225208008, email: programlespi@gmail.com

© 2008 LeSPIFoundation.org
Klin Theme is proudly present by LumbungMEDIA
Powered by